Pengikut

Salam Blogger, bila anda berkecimpung di dunia internet maka pasti punya email. Anda ingin membuat blog maka anda disarankan untuk memakai email gmail. Email berguna untuk melihat aktivasi dari situs lain, seperti facebook, twitter, blogger, ataupun jual beli secara online. Kalau diibaratkan email adalah kotak pos dunia maya, jadi jika anda ingin berbuat sesuatu di internet atau membuka usaha lewat media internet maka anda sangat wajib membuat Email untuk berhubungan di dunia internet.

Cara Membuat Email di Gmail
Pada posting kali ini saya sedikit menerangkan bagaimana cara membuat akun gmail, untuk melengkapi posting yang sebelumnya yaitu cara membuat blog.

Berikut langkah langkah cara pembuatan Gmail :
  1. Untuk lebih memudahkan, ubah bahasa ke Indonesia dengan klik tombol drop down yang di sebelah kanan bawah.
    pilih bahasa gmail
  2. Lihat ke sebelah kanan atas monitor, lalu klik tombol BUAT AKUN. Anda akan dibawa kehalaman pengisian formulir.
  3. Isilah formulir yang ada dengan data diri anda :
    1. Nama Depan : isi dengan nama depan anda, misal : Rifky
    2. Nama Belakang : isi dengan nama belakang anda, misal : Muhamad
    3. Nama Masuk-Log Yang Diinginkan : ini adalah yang nantinya menjadi alamat email anda, maka isilah dengan nama yang di inginkan, misal : rifky. Maka nanti alamat emailnya akan menjadi rifky@gmail .com. Perlu anda ketahui bahwa satu nama email hanya bisa dimiliki oleh satu orang untuk seluruh dunia, oleh karenanya nama yang sudah diambil oleh orang lain tidak dapat anda dapatkan atau dengan kata lain tidak tersedia untuk dibuat yang baru. Untuk hal tersebut, klik tombol "cek ketersediaan!" Untuk mengetahui apakah nama email yang kita inginkan masih tersedia atau tidak. Apabila tidak tersedia, maka anda harus mencari nama yang lain, atau coba dengan menambahkan nomor, misal : rifky1996, 1701rifky atau yang lain yang masih tersedia.
    4. Buat sandi : isilah dengan kata sandi yang anda inginkan. Saran, buatlah kata sandi yang kuat agar tidak mudah di scan oleh software robot jahat yaitu sandi merupakan campuran dari huruf, angka, serta karakter khusus, misal : tsf346fhi86<-=3AHaeswe>r_I
    5. Masukkan kembali sandi : tulis ulang kata sandi yang tadi di masukkan, misal :  tsf346fhi86<-=3AHaeswe>r_I
    6. Pertanyaan keamanan : pilih pertanyaan yang ada, kemudian berikan jawaban yang sesuai. Sebagai saran, pilihlah opsi : Buat pertanyaan saya sendiri.  Ini bermaksud agar pertanyaannya selalu di ingat oleh anda, misal : Siapa nama pacar cinta pertama anda?
    7. Jawab : isilah dengan jawaban yang sesuai dengan pertanyaan tadi, misal : Nikita Willy
    8. Email pemulihan : isilah dengan alamat email anda yag lain. Apabila anda tidak memiliki alamat email yang lain, maka kosongkan saja. Email pemulihan berguna, jika suatu saat anda mau masuk ke akun email dan lupa akan sandi yang digunakan, maka anda bisa melakukan permintaan sandi melalui alamat email pemulihan ini.
    9. Lokasi : pilih sesuai dengan nama negara yang anda tinggali, misal Indonesia.
    10. Tanggal lahir : isi dengan tanggal lahir anda, misal 17/01/1996
    11. Verifikasi Kata : isi dengan tulisan yang muncul pada saat anda membuat email. Setiap kata yang muncul akan selalu berbeda tiap orang atau anda melalukan refresh pada halaman pembuatan email, lazimnya kata tersebut di sebut sebagai captcha.
    12. Persyaratan layanan : sebaiknya anda baca terlebih dahulu segala yang ada dalam isi persyaratan layanan, agar anda benar-benar paham akan aturan yang gamail terapkan.
  4. Klik tombol “Saya menerima. Buat akun saya".
  5. Apabila kata sandi yang anda buat tergolong sandi yang kuat, maka umumnya email anda akan langsung jadi, namun jika kata sandi yang anda buat tergolong lemah, maka umumnya gmail akan meminta anda untuk memasukkan no HP untuk verifikasi.
  6. Selesai

Posting Komentar

  1. Terima kasih bang, tadinya saya sempat buingung soalnya saya masih amatir

    BalasHapus
    Balasan
    1. your welcome, sama saya juga masih dalam tahap belajar.

      Hapus
  2. thank's for share

    BalasHapus

Silahkan berkomentar, komentar sobat adalah inspirasi saya !!