Pengikut


Salam Blogger, kali ini saya share tips and trik untuk memaksimalkan kinerja dari pc/laptop yang anda punya. Kita sebagai usser komputer dapat mengoptimalkan semaksilmal mungkin perangkat komputer agar mempermudah dalam melakukan suatu pekerjaan Kita. Coba anda bayangkan betapa jenuhnya waktu banyak tugas tetapi PC kita Ngadat atau leletnya nggak ketulungan. Tentu hal ini sangat mengganggu anda dan mempengaruhi tugas atau suatu pekerjaan yang sedang anda geluti.

Saya yakin, walaupun spesifikasi komputer anda sudah super up-to-date, kalo nggak bisa ngerawat  atau menjaga agar peripheralnya dalam keadaan baik tentu dengan perlahan akan mengalami kerusakan. entah pada BIOS, Harddisk, Motherboard, Power supply dan tidak menutup kemungkinan CD-ROM pun bisa terganggu.  Sebagai contoh, coba Anda rasakan perbedaan performa waktu baru diinstall dengan yang udah lama diinstall. Pasti perbedaannya sangat jauh.


Berikut Tips mengoptimalkan kinerja PC anda :
  1. Persiapannya yakni salah satu CD OS misal XP, 7, Debian. Bagi anda yang sering instal ulang sendiri sudah pasti punya.
  2. Lakukan Proses Instalasi SIstem operasi, Seperti: Instalasi Windows xp, Instalasi wondows 7, ataupun Instalasi Linux Debian.
  3. Buatlah recovery points, dengan menggunakan program aplikasi pihak ke tiga. Saran saya gunakanlah Norton Ghost. Kenapa? Dengan adanya recovery points ini sangat mempermudah kamu untuk me-recovery windows kamu di saat windows meRestore. Dengan begini anda bisa tenang jika ada kejadian yang tidak diinginkan, karena restore point gunanya untuk mengembaikan ke settingan awal ketika dibuat restore.
  4. Buatlah recovery point sebelum Anda menginstall aplikasi/program. tapi jika anda menyukai keadaan sebelum di buat recovery instalkan program aplikasi terlebih dahulu.
  5. Pastikan tidak ada program aplikasi yang mempunyai fungsi yang sama, terkecuali jika software tersebut sangat diperlukan. Menurut saya anda instalkan saja software TuneUp Utilities, karena tune up memiliki banyak fungsi untuk menjadi dokter PC anda.
  6. Kalo berada diantara dua pilihan untuk memilih aplikasi yang fungsinya sama, maka saran saya pilih lah aplikasi yang ringan dan gak terlalu memakan isi harddisk.
  7. Gunakanlah aplikasi yang mempunyai fungsi jadi pembersih di komputer kita. untuk selalu membersihkan bekas aktivitas kita setelah menggunakan komputer. Jadi ketika komputer Anda dihidupkan, serasa baru lagi, bersih dan jauh dari berkas yang tidak perlu. Banyak Jenis aplikasi seperti ini, contohnya : Advahist Eraser, Auto Cleaner, BeCleaner, CCleaner, CleanUp, DCleaner, Super Cleaner, Dan Wipe.
  8. Jangan terlalu banyak memakai program yang tidak perlu, terutama tampilan, seperti tema,animasi desktop, dll.
  9. Gunakan lah ANTIVIRUS yang selalu di update, karena virus sekarang makin menjadi-jadi. 
  10. Jangan lupa matikan autorun, Cara ini menjadikan Anda lebih aman dari tularan virus saat mencolokkan flasdisk.
  11. Kurangi jalannya beberapa aplikasi saat start up windows. Banyak aplikasi yang tidak penting hidup ketika komputer menyala. Hapus semua dengan menggunakan  TuneUp StartUp Manager pada Tune UP.
  12. Setelah melakukan perawatan Software, kita juga perlu melakukan perawatan Hardware. misal membersihkan bagian komputer dari debu ataupun yang lainnya.

Posting Komentar

Silahkan berkomentar, komentar sobat adalah inspirasi saya !!