Home » Cara Mengatasi Kerusakan Pada BIOS

Cara Mengatasi Kerusakan Pada BIOS


Cara Mengatasi Kerusakan Pada BIOS

Alternative Link : [ Click Here ... ]


Salam Blogger, Apakah anda tau apa yang disebut dengan BIOS? BIOS adalah perangkat lunak komputer yang mengatur sistem seperti jam, kalendar dan perangkat peripheral contohnya : Harddisk, CD-ROM, dan yang lainnya. Jika BIOS anda mengalami masalah, kali ini saya punya tips untuk memperbaiki BIOS yang rusak tersebut atau salah dalam  setup setting. Khusus untuk anda yang suka otak atik daleman atau sistem komputer bahasan ini cocok banget buat kamu.

Masalah BIOS
1.>Gejala : Hati-hati dalam Update Bios, ketika meng-Update anda keliru memilih versi Bios, PC jadi tidak jalan bahkan anda tidak dapat masuk ke BIOS.
>Solusi : Biasanya Update tidak dapat dibatalkan, hanya jenis Motherboard tertentu yang memiliki backup BIOS pada Chip-nya, Disitu tersimpan jenis asli BIOS yang tidak dapat dihapus, untuk dapat merestore-nya. Anda tinggal memindahkan Posisi Jumper khusus yang biasanya sudah ada petunjuk di buku manualnya. Kemudian hidupka PC dan tunggu 10 detik, BIOS yang asli telah di Restore, kembalikan Posisi Jumper pada posisi semula, dan PC siap dijalankan kembali. Jika Motherboard tidak memiliki pasilitas tersebut, Chip BIOS harus dikirim ke Produsen, Jenis BIOS dapat anda lihat di buku manualnya. Berhati-hati dalam pemasangannya jangan sampai kaki IC BIOS patah atau terbalik Posisinya.

2.>Gejala : CPU mengeluarkan suara Beep beberapa kali di speakernya dan tidak ada tampilan ke layar monitor, padahal monitor tidak bermasalah.
>Solusi : Bunyi Beep menandakan adanya pesan kesalahan tertentu dari BIOS, Bunyi tersebut menunjukan jenis kesalahan apa yang terjadi pada PC, Biasanya kesalahan pada Memory yang tdk terdeteksi, VGA Card, yang tidak terpasang dengan baik, Processor bahkan kabel data Monitor pun bisa jadi penyebabnya.Silahkan anda periksa masalah tersebut.

Berikut Pesan kesalahan BIOS
Bunyi kesalahan BIOS biasanya tidak semua Motherboard menandakan kesalahan yang sama tergantung dari jenis BIOS nya.
[AMI BIOS]

>Beep 1x : RAM/Memory tidak terpasang dengan Baik atau Rusak
>Beep 6x : Kesalahan Gate A20 - Menunjukan Keyboard yang rusak atau IC        Gate A20-nya sendiri 
>Beep 8x : Grapihic Card / VGA Card tidak terpasang dengan baik atau Rusak, >Beep 11x : Checksum Error, periksa Batre Bios, dan ganti dengan yang baru.

[AWARD BIOS]
>Beep 1x Panjang : RAM/Memory tidak terpasang dengan Baik atau Rusak, >Beep 1x Panjang 2x Pendek : Kerusakan Pada Graphic Card (VGA), Periksa bisa juga Pemasangan pada slotnya tidak pas (kurang masuk)
>Beep 1x Panjang 3x Pendek : Keyboard rusak atau tidak terpasang. 
>Beep Tidak terputus / bunyi terus menerus : RAM atau Graphic Card tidak terdeteksi.

Batrey CMOS Rusak / Lemah
1.>Gejala : Muncul Pesan CMOS Checksum Vailure / Batrey Low, diakibatkan tegangna yang men-supply IC CMOS/BIOS tidak normal dikarenakan batrey lemah, sehingga settingan BIOS kembali ke Default-nya/setingan standar pabrik, dan konfigurasi Hardware harus di Set ulang.
>Solusi : Segera Ganti Batrey nya

2.>Gejala : CPU yang sering Hang?
>Solusi : Ada beberapa faktor terjadi hanging diantaranya : Ada BadSector di
Harddisk, Ada Virus, Ada masalah di Hardware seperti Memory Kotor/Rusak, MBoard Kotor/Rusak, Cooling Fan perputaran fan nya sudah lemah, Power Supply tidak stabil.....sebaiknya jangan dipaksakan untuk digunakan karena akan berakibat lebih fatal, silahkan hub: kami untuk dapat mengatasi masalah tersebut

3.>Gejala : Komputer sering tampil blue screen apa penyebabnya?
>Solusi : Pesan Blue Screen bisa disebabkan system windows ada yang rusak, Bisa dari Memory, Bisa dari hardisk, bisa dari komponen lainnya, tergantung
pesan blue screen yang ditampilkan.

4.>Gejala : Komputer jadi lebih lambat dari sebelumnya, padahal awalnya tidak begitu lambat
>Solusi : Penyebab komputer anda prosesnya lambat ada beberapa faktor yaitu : Space hardisk terlalu penuh, terlalu banyak program / software yang memakan space harddisk dan memory, ada virus, harddisk badsector
"selamat mencoba"

Cara Mengatasi Kerusakan Pada BIOS

Alternative Link : [ Click Here ... ]

32 Comments:

  1. sangat bagus artikelnya gan terimakasih...

    BalasHapus
  2. gan kalau pc saat dihidupkan hanya menampilkan jenis BIOS dan jga type main processor saja, tapi tidak dapat startup dan tidak masuk ke menu BIOS itu apa penybabnya?? dan bagaimana solusi penyelesaian permasalahannya??
    mohon bantuannya ya, trimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. mungkin harddisk nya gak kebaca gan

      Hapus
  3. gan, kalau pc saya dihidupkan, tp tidak ad tampilan dilayar padahal lampu led, kipas processor nyala, tidak ad bunyi beep, dimonitor lmpunya cm kedip2 dan g ad tampilan yang ad masalah apa y gan...cara mengatasinya gmn?...

    BalasHapus
    Balasan
    1. mungkin masalah pada vga card atau ram nya gan... coba di cek

      Hapus
  4. sippph info.a ...

    mmpir d blog aq gan
    www.trace-book.web.id
    spya mmpererat prsaudra'n antar blogger. . .

    BalasHapus
  5. gan kom gw tiba2 mati klo dah dipake 30mntan

    BalasHapus
    Balasan
    1. coba cek power supply nya... nyala apa ngga

      Hapus
  6. gan pc ada virusnya mau di instal ulang menu bios ga muncul mohon pencerahannya trimksh.

    BalasHapus
    Balasan
    1. tekan f2 f10 atau del gan coba satu satu

      Hapus
  7. gan cpu jadul gue ada masalah udah tak install ulang, tapi drive motherboard hilang, gue coba pake yg temen kasi e ternyata gak support "error" akhirnya gue download skydriver n sukses, tapi tiap kali gue restart yg nongol malah error bekas drivermobo temen gue check "bios" ternyata di mainnya masih tertulis drivermobo temen,,gimana ngilanginnya gan? sry kebanyakan cerita.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aduhhhh saya kurang tau gan.. maaf ya ;)

      Hapus
    2. Download aja DriverPack2013.iso kapasitasnya 4GBan Bro. Bisa dipakek semua PC/Laptop. Kalau nanti ada yang nggak ada drivernya, ntar ada pemberitahuan buat download driver yang nggak ada itu. Yang nggak ada biasanya Grafik punya AMD kalau di Laptop.

      Hapus
  8. Klik knan installer drivernya....run pake troubleshoot compatibility..restart

    BalasHapus
    Balasan
    1. makasih gan, komentarnya membantu sekali

      Hapus
  9. kalo nyala tapi gak masuk terus bunyi bnya terus menerus..

    BalasHapus
    Balasan
    1. coba tombol yang lain buat masuk bios nya, misal F2, DEL, F10, ENTER dan lain lain.

      Hapus
  10. lengkap kak, thnks ya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya sama-sama dek, makasih udah ngomen

      Hapus
  11. gan mau nanya ni waktu saya instal ulang win xp kok gagal ya, trus muncul pesan fatal error?? cara ngatasinya gimana ya gan??

    tanks:)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Muncul nya pas sebelah mana, finishing atau masih starting ?

      Hapus
  12. gan pc sy acer veriton di shutdown dalam safe mode trs di nyalakan gk ada suara beep dan gk tampil ke layar,solusinya gmana ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aduh ilmu saya belum setinggi itu gan, coba cari tahu di google aja atau engga bawa ke service center (kalau masih garansi) ya kalo garansi nya sudah habis bawa ke toko elektronik saja gan, Maksih.

      Hapus
  13. Wah, makasih gan.. Sangat bermanfaat artikelnya, untuk wawasan ane
    Blogwalking, sob http://komputer-sync.blogspot.com

    BalasHapus
  14. BIOS Ane corup gara" passwordnya dobel. Tapi BIOSnya nggak ada yang error. Solusinya cumak lepas batery biosnya aja terus terus colokin lagi dah beres. Yang jadi masalah masih ada garansinya Gan!! Solusi selain lepas batery apa ya?

    BalasHapus
  15. Gan Sya mau tanya kok pc saya pas booting ada suara beep 1x padahal ram udh dikencengin trs abis itu ada keterangan error tpi masih bisa masuk ke home screennya/windowsnya
    yg kedua klo lagi ngegame yg berat tiba tiba suka hang trs layar gelap dan ada suara tuit yg lama itu knp ya?

    BalasHapus
  16. gan BIOS Toshiba C800 ada tidak mohon bantuannnya pleassss !

    BalasHapus

Silahkan berkomentar, komentar sobat adalah inspirasi saya !!