Pengikut



Salam Blogger, Apakah anda tau apa yang disebut dengan BIOS? BIOS adalah perangkat lunak komputer yang mengatur sistem seperti jam, kalendar dan perangkat peripheral contohnya : Harddisk, CD-ROM, dan yang lainnya. Jika BIOS anda mengalami masalah, kali ini saya punya tips untuk memperbaiki BIOS yang rusak tersebut atau salah dalam  setup setting. Khusus untuk anda yang suka otak atik daleman atau sistem komputer bahasan ini cocok banget buat kamu.

Masalah BIOS
1.>Gejala : Hati-hati dalam Update Bios, ketika meng-Update anda keliru memilih versi Bios, PC jadi tidak jalan bahkan anda tidak dapat masuk ke BIOS.
>Solusi : Biasanya Update tidak dapat dibatalkan, hanya jenis Motherboard tertentu yang memiliki backup BIOS pada Chip-nya, Disitu tersimpan jenis asli BIOS yang tidak dapat dihapus, untuk dapat merestore-nya. Anda tinggal memindahkan Posisi Jumper khusus yang biasanya sudah ada petunjuk di buku manualnya. Kemudian hidupka PC dan tunggu 10 detik, BIOS yang asli telah di Restore, kembalikan Posisi Jumper pada posisi semula, dan PC siap dijalankan kembali. Jika Motherboard tidak memiliki pasilitas tersebut, Chip BIOS harus dikirim ke Produsen, Jenis BIOS dapat anda lihat di buku manualnya. Berhati-hati dalam pemasangannya jangan sampai kaki IC BIOS patah atau terbalik Posisinya.

2.>Gejala : CPU mengeluarkan suara Beep beberapa kali di speakernya dan tidak ada tampilan ke layar monitor, padahal monitor tidak bermasalah.
>Solusi : Bunyi Beep menandakan adanya pesan kesalahan tertentu dari BIOS, Bunyi tersebut menunjukan jenis kesalahan apa yang terjadi pada PC, Biasanya kesalahan pada Memory yang tdk terdeteksi, VGA Card, yang tidak terpasang dengan baik, Processor bahkan kabel data Monitor pun bisa jadi penyebabnya.Silahkan anda periksa masalah tersebut.

Berikut Pesan kesalahan BIOS
Bunyi kesalahan BIOS biasanya tidak semua Motherboard menandakan kesalahan yang sama tergantung dari jenis BIOS nya.
[AMI BIOS]

>Beep 1x : RAM/Memory tidak terpasang dengan Baik atau Rusak
>Beep 6x : Kesalahan Gate A20 - Menunjukan Keyboard yang rusak atau IC        Gate A20-nya sendiri 
>Beep 8x : Grapihic Card / VGA Card tidak terpasang dengan baik atau Rusak, >Beep 11x : Checksum Error, periksa Batre Bios, dan ganti dengan yang baru.

[AWARD BIOS]
>Beep 1x Panjang : RAM/Memory tidak terpasang dengan Baik atau Rusak, >Beep 1x Panjang 2x Pendek : Kerusakan Pada Graphic Card (VGA), Periksa bisa juga Pemasangan pada slotnya tidak pas (kurang masuk)
>Beep 1x Panjang 3x Pendek : Keyboard rusak atau tidak terpasang. 
>Beep Tidak terputus / bunyi terus menerus : RAM atau Graphic Card tidak terdeteksi.

Batrey CMOS Rusak / Lemah
1.>Gejala : Muncul Pesan CMOS Checksum Vailure / Batrey Low, diakibatkan tegangna yang men-supply IC CMOS/BIOS tidak normal dikarenakan batrey lemah, sehingga settingan BIOS kembali ke Default-nya/setingan standar pabrik, dan konfigurasi Hardware harus di Set ulang.
>Solusi : Segera Ganti Batrey nya

2.>Gejala : CPU yang sering Hang?
>Solusi : Ada beberapa faktor terjadi hanging diantaranya : Ada BadSector di
Harddisk, Ada Virus, Ada masalah di Hardware seperti Memory Kotor/Rusak, MBoard Kotor/Rusak, Cooling Fan perputaran fan nya sudah lemah, Power Supply tidak stabil.....sebaiknya jangan dipaksakan untuk digunakan karena akan berakibat lebih fatal, silahkan hub: kami untuk dapat mengatasi masalah tersebut

3.>Gejala : Komputer sering tampil blue screen apa penyebabnya?
>Solusi : Pesan Blue Screen bisa disebabkan system windows ada yang rusak, Bisa dari Memory, Bisa dari hardisk, bisa dari komponen lainnya, tergantung
pesan blue screen yang ditampilkan.

4.>Gejala : Komputer jadi lebih lambat dari sebelumnya, padahal awalnya tidak begitu lambat
>Solusi : Penyebab komputer anda prosesnya lambat ada beberapa faktor yaitu : Space hardisk terlalu penuh, terlalu banyak program / software yang memakan space harddisk dan memory, ada virus, harddisk badsector
"selamat mencoba"

Posting Komentar

  1. sangat bagus artikelnya gan terimakasih...

    BalasHapus
  2. gan kalau pc saat dihidupkan hanya menampilkan jenis BIOS dan jga type main processor saja, tapi tidak dapat startup dan tidak masuk ke menu BIOS itu apa penybabnya?? dan bagaimana solusi penyelesaian permasalahannya??
    mohon bantuannya ya, trimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. mungkin harddisk nya gak kebaca gan

      Hapus
    2. Apakah Booting Device sudah ditentukan?, Apakah Boot-Device yang sudah ditentukan tersebut, salah satunya sudah terpasang Operating system?.

      Perangkat untuk memulai system harus sudah terpasang System Operasinya mas. Kalau tidak ada, yaa mau memulai apa?.

      Tampil pesan tertentu?.

      Semoga bisa sedikit membantu. Salam kenal mas #RizkiNur, Salam mas Rifky Muhamad.

      Hapus
  3. gan, kalau pc saya dihidupkan, tp tidak ad tampilan dilayar padahal lampu led, kipas processor nyala, tidak ad bunyi beep, dimonitor lmpunya cm kedip2 dan g ad tampilan yang ad masalah apa y gan...cara mengatasinya gmn?...

    BalasHapus
    Balasan
    1. mungkin masalah pada vga card atau ram nya gan... coba di cek

      Hapus
    2. Coba cek vga cardnya, atau bisa jadi monitornya gan, atau kabel vga nya

      Hapus
  4. sippph info.a ...

    mmpir d blog aq gan
    www.trace-book.web.id
    spya mmpererat prsaudra'n antar blogger. . .

    BalasHapus
  5. gan kom gw tiba2 mati klo dah dipake 30mntan

    BalasHapus
    Balasan
    1. coba cek power supply nya... nyala apa ngga

      Hapus
  6. gan pc ada virusnya mau di instal ulang menu bios ga muncul mohon pencerahannya trimksh.

    BalasHapus
    Balasan
    1. tekan f2 f10 atau del gan coba satu satu

      Hapus
  7. gan cpu jadul gue ada masalah udah tak install ulang, tapi drive motherboard hilang, gue coba pake yg temen kasi e ternyata gak support "error" akhirnya gue download skydriver n sukses, tapi tiap kali gue restart yg nongol malah error bekas drivermobo temen gue check "bios" ternyata di mainnya masih tertulis drivermobo temen,,gimana ngilanginnya gan? sry kebanyakan cerita.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aduhhhh saya kurang tau gan.. maaf ya ;)

      Hapus
    2. Download aja DriverPack2013.iso kapasitasnya 4GBan Bro. Bisa dipakek semua PC/Laptop. Kalau nanti ada yang nggak ada drivernya, ntar ada pemberitahuan buat download driver yang nggak ada itu. Yang nggak ada biasanya Grafik punya AMD kalau di Laptop.

      Hapus
  8. Klik knan installer drivernya....run pake troubleshoot compatibility..restart

    BalasHapus
    Balasan
    1. makasih gan, komentarnya membantu sekali

      Hapus
  9. kalo nyala tapi gak masuk terus bunyi bnya terus menerus..

    BalasHapus
    Balasan
    1. coba tombol yang lain buat masuk bios nya, misal F2, DEL, F10, ENTER dan lain lain.

      Hapus
  10. lengkap kak, thnks ya :)

    BalasHapus
  11. gan mau nanya ni waktu saya instal ulang win xp kok gagal ya, trus muncul pesan fatal error?? cara ngatasinya gimana ya gan??

    tanks:)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Muncul nya pas sebelah mana, finishing atau masih starting ?

      Hapus
  12. gan pc sy acer veriton di shutdown dalam safe mode trs di nyalakan gk ada suara beep dan gk tampil ke layar,solusinya gmana ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aduh ilmu saya belum setinggi itu gan, coba cari tahu di google aja atau engga bawa ke service center (kalau masih garansi) ya kalo garansi nya sudah habis bawa ke toko elektronik saja gan, Maksih.

      Hapus
  13. Wah, makasih gan.. Sangat bermanfaat artikelnya, untuk wawasan ane
    Blogwalking, sob http://komputer-sync.blogspot.com

    BalasHapus
  14. BIOS Ane corup gara" passwordnya dobel. Tapi BIOSnya nggak ada yang error. Solusinya cumak lepas batery biosnya aja terus terus colokin lagi dah beres. Yang jadi masalah masih ada garansinya Gan!! Solusi selain lepas batery apa ya?

    BalasHapus
  15. Gan Sya mau tanya kok pc saya pas booting ada suara beep 1x padahal ram udh dikencengin trs abis itu ada keterangan error tpi masih bisa masuk ke home screennya/windowsnya
    yg kedua klo lagi ngegame yg berat tiba tiba suka hang trs layar gelap dan ada suara tuit yg lama itu knp ya?

    BalasHapus
  16. gan BIOS Toshiba C800 ada tidak mohon bantuannnya pleassss !

    BalasHapus
  17. ASK __
    Om kalo cara Downgrade ke versi dibawahnya bagaimana__??
    Ane pakek DELL N5437 Core i3

    BalasHapus
  18. Helmira Jaya CCTV , didirikan pada tahun 2004, bergerak dibidang Camera CCTV, computer dan IT, kami melayani customer dari rumahan sampai perusahaan besar, tercatat puluhan perusahaan besar telah memakai jasa kami.

    Banyak perusahaan CCTV di Jakarta dan kota besar lainnya mengklaim sebagai yang terbaik dalam hal barang dan pelayanan, Banyak juga yang berusaha menjatuhkan perusahaan kami tetapi kami telah terbentuk oleh pasar dan customer kami sebagai perusahaan CCTV yang benar-benar profesional.

    Kami terus berbenah dari hari kehari untuk lebih baik lagi, kami selalu menerima saran dan keluhan dengan besar hati dan kami gunakan sebagai guru yang utama, sehingga customer kami tetap setia kepada HELMIRA JAYA CCTV dimanapun mereka berada.

    Berikut ini adalah website resmi milik perusahaan:

    WWW.AGENCCTV.CO.ID (Agen CCTV Indonesia)

    WWW.CCTVTASIKMALAYA.COM (Jasa CCTV Tasikmalaya)

    WWW.JASACCTV.ORG (Jasa CCTV Seluruh Jawa Barat)

    WWW.HELMIRAJAYA.CO.ID (Website Resmi Helmira Jaya)



    Helmira Jaya menerima jasa pemasangan cctv seluruh jawa barat/priangan timur, karena team kami dibagi menjadi beberapa divisi yang bertanggung jawab dan menangani setiap wilayah.



    Untuk Info dan Pemasaran Hubungi Divisi Utama kami Tlp. 02652355766 atau sms center 089658886663

    BalasHapus
  19. Mas mau tanya, saya salah setting bios dan sekarang ga bisa masuk windows n bios trus laptop nya bunyi beep 9 kali. Saya bingung harus gmn? OS nya pake windows 10.
    Mohon petunjuknya?

    BalasHapus
  20. dengan informasi ini, dapat menambah wawasan dan pengetahuan, kerja yang bagus min..

    BalasHapus
  21. Good, and its verry inportant and good article and the best Author
    10 Kisah Cinta The nice Harta Haram.? The Reason Obat Hidrokel The Guest Hidrokel Alternatif The Best, Bread Buah Zakar Sebelah
    Thank you, and good forever

    BalasHapus
  22. Sangat luar biasa dan bermanfaat
    Obat Demam Berdarah Pada Anak
    Sangat bermanfaat dan luar biasa

    BalasHapus
  23. I do find this post quite relevant, i was refereed to it by a friend who always looked for information on How to Overcome Damage In BIOS. I also realized that i didn't know about it, making this post very helpful. Lest i forget, before i visited this post i had checked on on another article that was super helpful too. Why not check it out too; Disguised and Hidden Cameras

    BalasHapus
  24. Dunia Yang Akan Mewujudkan Impian Anda,Kami Akan Memberikan solusi mengatasi masalah ekonomi anda.
    Hanya Dengan Bermodalkan Kepercayaan Dan Keyakinan/TOGEL YANG TERBAIK. Kami Hadir Untuk Menjalin Tali Silatuh Rahmi,Guna Untuk Membantu Para Masyarakat Di Muka Bumi Ini ,Dengan Segala Permasalahan Yang Ada,Karena Di Dalam Masyarakat Yang Kita Tahu Saat Sekarang Ini,Masih Banyak Masyarakat Yang Hidup Dibawah Garis Kemiskinan,Untuk Itu,Izinkan Saya Mbah Karwo Untuk Memberikan Solusi Terbaik Untuk Anda Yang Sangat Membutuhkan.Ada Berbagai Cara Untuk Membantu Mengatasi Masalah Perekonomian,Dengan Jalan ; 1,Melalui Angka Togel Jitu ; Supranatural 2,Pesugihan Serba Bisa 3,Pesugihan Uang Balik/Bank ghaib 4,Ilmu Pengasihan 5,DLL HANYA DENGAN BERMODALKAN KEPERCAYAAN DAN KEYAKINAN,INSYA ALLAH ITU SEMUANYA AKAN BERHASIL SESUAI DENGAN KEINGINAN ANDA... Dunia yang akan mewujudkan impian anda dalam sekejab dan menuntaskan masalah keuangan anda dalam waktu yang singkat. Mungkin tidak pernah terpikir dalam hidup kita untuk menyentuh hal hal seperti ini. Ketika terpikirkan kekuasaan, uang dalam genggaman, semua bisa dikendalikan sesuai keinginan kita.Semua bisa diselesaikan secara logika.Tapi akankah logika selalu bisa menyelesaikan masalah kita. Pesugihan Mbah Karwo Mbah memiliki ilmu supranatural yang bisa menghasilkan angka angka putaran togel yang sangat mengagumkan, ini sudah di buktikan member bahkan yang sudah merasakan kemenangan(berhasil), baik di indonesia maupun di luar negeri.. ritual khusus di laksanakan di tempat tertentu, hasil ritual bisa menghasilkan angka 2D,3D,4D,5D.6D. sesuai permintaan pasien.Mbah bisa menembus semua jenis putaran togel. baik itu SGP/HK/Malaysia/Sydnei, maupun putaran lainnya. Mbah Akan Membantu Anda Dengan Angka Ghoib Yang Sangat Mengagumkan "Kunci keberhasilan anda adalah harus optimis karena dengan optimis.. angka hasil ritual pasti berhasil !! BERGABUNGLAH DAN RAIH KEMENANGAN ANDA..! Tapi Ingat Kami Hanya Memberikan Angka Ritual Kami Hanya Kepada Anda Yang Benar-benar dengan sangat Membutuhkan Angka Ritual Kami .. Kunci Kami Anda Harus OPTIMIS Angka Bakal Tembus…Hanya dengan Sebuah Optimis Anda bisa Menang…!!! Apakah anda Termasuk dalam Kategori Ini 1. Di Lilit Hutang 2. Selalu kalah Dalam Bermain Togel 3. Barang berharga Anda Sudah Habis Buat Judi Togel 4. Anda Sudah ke mana-mana tapi tidak menghasilkan Solusi yang tepat Jangan Anda Putus Asa…Selama Mentari Masih Bersinar Masih Ada Harapan Untuk Hari Esok.Kami akan membantu anda semua dengan Angka Ritual Kami..Anda Cukup Mengganti Biaya Ritual Angka Nya Saja… Apabila Anda Ingin Mendapatkan Nomor Jitu 2D 3D 4D 6D Dari Mbah Karwo Selama Lima Kali Putaran,Silahkan Bergabung dengan Uang Pendaftaran Paket 2D Sebesar Rp. 300.000 Paket 3D Sebesar Rp. 500.000 Paket 4D Sebesar Rp. 700.000 Paket 6D Sebesar Rp. 1.500.000 dikirim Ke Rekening BRI.Atas Nama:No Rekening PENDAFTARAN MEMBER FORMAT PENDAFTARAN KETIK: Nama Anda#Kota Anda#Kabupaten#Togel SGP/HKG#DLL LALU kirim ke no HP : ( 0852-3162-7267 ) SILAHKAN HUBUNGI EYANG GURU:0852-3162-7267

    BalasHapus
  25. is very fond of this article because it gives a lot of inspiration thanks agen judi poker online terpercaya di indonesia

    BalasHapus
  26. Nice information and good site...
    http://bit.ly/2Rv0JZ7 Cara Mencerahkan Wajah Secara Cepat dan Aman
    http://bit.ly/2P86Wxk Mencerahkan Wajah Secara Alami dan Aman
    http://bit.ly/2RvvxsQ MAKALAH PENGANTAR ILMU EKONOMI
    http://bit.ly/2QkGLAp Informasi Seputar Penyakit Diabetes
    http://bit.ly/2F99hDY 5 Cara Menanam Hidroponik
    http://bit.ly/2RA3AAd Keutamaan Menikah
    http://bit.ly/2JAZDZ0 Pentingnya Menuntut Ilmu
    http://bit.ly/2DjgLlT Shalat Qadha Dan Kewajibannya

    BalasHapus
  27. I really like your post.
    We have to know the methods you can easy way to Activate YouTube doing YouTube.com/activate. If you are facing issues with YouTube, like how to connect YouTube on your TV, mobile or other devices contact us. Google has provided us the enjoyment, and by YouTube activate, you watch here latest videos, songs, or web series, etc.

    BalasHapus

Silahkan berkomentar, komentar sobat adalah inspirasi saya !!