Pengikut

Sebentar lagi kita memasuki tahun baru 2013. Siapa yang tidak suka tahun baru ? Pastinya semuanya suka. Dengan datangnya tahun baru, kita berharap semua harapan dan keinginan kita tercapai nantinya. Orang-orang merasa tahun baru adalah momen yang tepat untuk melepaskan segala kepenatan, kesedihan serta unek-unek yang telah terjadi satu tahun sebelumnya. Tahun baru identik dengan pesta, hura-hura dan sebagainya. Satu lagi yang tidak pernah hilang yaitu tradisi meniup terompet.

Tradisi ini sebenarnya berasal dari bangsa yahudi. Bermula saat terjadi perang salib dimana kaum muslim melawan kristen. Kaum muslim kalah melawan kaum kristen yang mana jumlah pasukan kaum kristen lebih banyak daripada kaum muslim. Oleh karena itu untuk merayakan kemenangannya, kaum kristen meniup terompet sebagai tanda atas kekalahan kaum muslim.
Selain itu bangsa yahudi juga percaya bahwa meniup terompet mampu mengusir setan. Ritual ini dilakukan pada saat tahun baru yahudi yang disebut Rosh Hashanah, yang berarti “tahun baru terompet”.

Meniup terompet sudah menjadi tradisi masyarakat dunia. Memang tidak dipungkiri salah satu kemeriahan tahun baru didapat dari riuhnya bunyi terompet. Maka tidak ada salahnya kita mengawali tahun baru ini dengan mencobanya.

Posting Komentar

  1. tak apalah asal tradisinya dari yahudi dan kita pun mengikutinya namun jangan sampai mengikuti perbuatan2 murtad mereka nie..

    BalasHapus

Silahkan berkomentar, komentar sobat adalah inspirasi saya !!