Pengikut

Sudah tidak zaman lagi bagi para blogger untuk berburu backlink. Google sudah merubah algoritmanya sehingga backlink tidak lagi banyak berpengaruh. Hal ini telah diumumkan oleh banyak sesepuh blogger dinegeri paman sam yang telah berpengalaman dalam dunia blogging. Salah satu indikasi tidak pentingnya backlink itu adalah, banyak blog baru yang bermunculan dan nangkring ke urutan 10 besar permukaan SERP padahal blog tersebut hanya seumuran jagung!
Saya sendiri juga merasakan hal yang sama, salah satu blog saya yang tidak pernah saya gunakan untuk farm backlink malahan lebih banyak pengunjungnya daripada blog yang melakukannya. Saya sendiri sudah mengeceknya dengan bantuan tools dari histat dan ternyata blog saya itu nangkring di banyak kata kunci dengan persaingan tinggi! Kenapa bisa begitu?

Mari kita cari tau, sebenarnya apa yang diinginkan para user mesin pencari? Konten! Benar sekali, setiap orang yang menjelajah di google pasti karena rasa ingin tau terhadap suatu hal dan mereka mencari orang-orang yang mau berbagi dengan mereka. Nah, kalau situs yang diberikan oleh google kepada user mereka hanya situs itu-itu saja hanya karena banyak link, maka orang-orang tidak akan benar-benar menemukan hal baru dari apa yang mereka cari.

Google telah lama mengetahui bahwa perkembangan dunia maya sangat dinamis, sehingga google selaku mesin pencari paling populer memberikan kesempatan bagi banyak blog / situs yang 'fresh' untuk berkesempatan dikunjungi. Apabila dari apa yang dicari user lebih banyak masuk ke blog / situs fresh baru, maka blog / situs tersebut akan lebih diutamakan.

Ini artinya, Google memberikan penilaian tersendiri terhadap blog / situs baru yang disukai orang. Google sudah bekerja sendiri! Sehingga backlink yang konon bisa dimanipulasi dengan gampang tidak akan lagi banyak mempengaruhi. Agar bisa bersaing, para pembuat situs / blogger harus membuat artikel berkualitas dan benar-benar bisa membantu para user bukan lagi konten sampah dengan backlink berjibun.

Mulai sekarang, jangan pening mikirin backlink! Pikirkan saja konten..! Alhasil, blog kamu pasti lebih disukai Google.

Posting Komentar

  1. mungkin backlink tidak sepenting dengan konten tetapi masih dibutuhkan untuk menopang posisi serp itu sudah saya buktikan sendiri.jadi menurut saya selain membuat kontent yang unik dan fresh harus di topang backlink tentunya yang berkualitas agar bisa bertahan di serp

    BalasHapus
  2. Keren sob artikelnya sangat bermanfaat, terimakasih. Akan saya coba langsung di blog saya http://vitaminrambutalami.wordpress.com/

    BalasHapus
  3. betul mas, tapi kalau kalah backlink lama-lama merosot dari serp...itu yang saya alami :(

    BalasHapus
  4. nice info bro
    mampir dong ke blog ane wkkw

    BalasHapus

Silahkan berkomentar, komentar sobat adalah inspirasi saya !!