Pengikut

Boytriks - Informasi di bawah ini patut di baca dengan baik-baik, di zaman yang serba modern dan canggih seperti saat ini kalian pasti pengen dong yang namanya hape smartphone *ya iya lah siapa yang gak pengen coba*. Akan tetapi semakin canggih gadget tersebut maka semakin besar juga Efek Negatif yang di keluarkan nya, memang sih pengaruhnya tidak akan di rasakan sekarang tapi nanti di saat kita sudah tidak dapat mencegahnya. 

Kehadiran smartphone seperti BlackBerry, iPhone, Samsung, atau Nokia memang cukup fenomenal dan laris di pasaran karena menawarkan berbagai keunggulan dalam berkomunikasi. Karena fungsinya yang seperti komputer mini, banyak yang kemudian tergila-gila dan ingin memilikinya. Ke mana pun kaki melangkah, pengguna smartphone terus menatap layar ponsel seolah tak ingin terlewat hal penting dan menghiraukan hal yang lain. Namun, berhati-hatilah, penggunaan smartphone yang terlalu intens bisa membawa pengaruh buruk bagi penggunanya.
Bila anda salah satu pengguna smartphone seperti BlackBerry, iPhone, Samsung, atau Nokia maka anda harus hati-hati terhadap dampak negatif seperti berikut ini:

1. Menimbulkan Kecanduan 
Kemampuannya untuk terus terhubung selama 24 jam nonstop selama 7 hari membuat pengguna smartphone selalu update dengan berita apa pun, termasuk untuk ngobrol dengan teman. Kesenangan yang timbul ketika menerima e-mail, SMS, atau pesan ditengarai akan menimbulkan kesenangan tersendiri bagi para crackberry, istilah untuk para penggila BlackBerry. Lambat laun hal ini akan menimbulkan kecanduan. Penelitian yang dilakukan tim dari Rutgers University menyebutkan, untuk menyembuhkan pecandu smartphone, terapi yang digunakan sama seperti terapi untuk pecandu narkoba.

2. Mengurangi Produktivitas 
Tak ada yang menyangkal kecanggihan ponsel masa kini untuk memenuhi seluruh kebutuhan komunikasi. Namun, alat ini bisa menyebabkan kecanduan, mengganggu konsentrasi, bahkan merampas waktu tidur. Penelitian yang dilakukan tim dari MIT Sloan School of Management tahun 2007 menunjukkan penggunaan BlackBerry memiliki dampak negatif di lingkungan kerja, seperti tidak terpenuhinya tenggat kerja akibat konsentrasi yang terbagi antara pekerjaan dan si ponsel pintar.

3. Merusak Otak 
Dampak buruk radiasi ponsel terhadap kesehatan memang masih jadi kontroversi, namun beberapa penelitian menunjukkan radiasi ponsel bisa memicu tumor otak dan insomnia. Terlalu sering menatap ponsel juga bisa menyebabkan rasa mual dan sakit kepala.

4. Membahayakan Mata 
Berlama-lama memelototi teks berukuran kecil di layar ponsel bisa menyebabkan sakit kepala, penglihatan kabur, dan mata kering. Karena itu, jagalah agar ponsel Anda berjarak 40-50 sentimeter dari wajah.

5. Mengganggu Tidur 
Jujur saja, suara "tring" dari ponsel yang menandakan ada e-mail atau pesan baru yang masuk akan membuat kita penasaran untuk mengintip isinya. Keasyikan ini bisa terus berlanjut hingga malam hari, waktu untuk beristirahat dan memulihkan energi.
Cukup banyak penelitian yang menyebutkan dampak buruk kurangnya waktu tidur. Mulai dari berkurangnya produktivitas kerja, naiknya jumlah kecelakaan, hingga tubuh jadi gampang diserang penyakit. Karena itu, matikan ponsel menjelang waktu tidur agar Anda bisa beristirahat.

6. Membuat Otot Kaku
Belakangan ini cukup banyak orang yang datang ke ruang praktik dr. Michael Triangto, SpKO dengan keluhan nyeri pada lengan bawah yang berlanjut ke lengan atas, bahkan ada yang sampai nyeri di bahu dan tengkuk. Setelah dievaluasi ternyata mereka terlalu banyak menggunakan smartphone-nya. "Otot-otot tubuh tidak selalu siap dalam mengantisipasi kerja yang berlebihan seperti itu. Akibatnya asam laktat akan tertimbun dan menimbulkan nyeri pada otot-otot yang bersangkutan," papar dr Michael.

Nah itu dia dampak nya... masih mau main smartphone lama-lama  :/

Posting Komentar

  1. wah harus waspada nih, hehe. Salam Keren!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya gan kita pemilik smartphone harus lebih berhati-hati dan memperhatikan dampaknya.... makasih ya udah berkomentar

      Hapus

Silahkan berkomentar, komentar sobat adalah inspirasi saya !!